Verval Dapodik

Bandung, LPMP Jawa Barat – Dalam upaya melakukan pengawasan dan peningkatan kualitas data pokok pendidikan khususunya di wilayah Provinsi Jawa Barat, maka LPMP Jawa Barat telah selesai menyelenggaran kegiatan Verifikasi dan Validasi Data Pokok Pendidikan Tahap 1 yang melibatkan Kelompok Kerja Data Pendidikan (KK Datadik) seluruh dinas pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi  di Jawa Barat serta Pengelola Data Pokok Pendidikan di Kantor Cabang Dinas (KCD) di seluruh wilayah mulai dari KCD Wilayah I sampai dengan KCD Wilayah XIII. Kegiatan Verval data tahap 1 ini dibagi menjadi tujuh angkatan, di mana setiap angkatan terdiri dari 4 kelas. Dimana kegiatan ini dilakukan serentak selama 7 hari secara daring. Kegiatan ini telah selesai dilaksanakan dari tanggal 1 Juli samapi dengan 9 Juli 2020. Selain melibatkan KK Datadik Kab/Kota dan Provinsi serta KCD peserta juga berasal dari beberapa operator sekolah dan pengawas sekolah dari setiap jenjang yaitu jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. 

Sekolah yang ikut serta dalam kegiatan ini mencapai 551 sekolah yang merupakan sample/perwakilan dari setiap Kab/Kota setiap jenjang, juga dihadiri oleh pengawas sekolah sebanyak 108 orang dari setiap jenjang di setiap Kab/Kota.

Kegiatan ini direncanakan akan berlanjut untuk tahap ke dua, dengan harapan dapat meningkatkan efektivitas partisipasi pengelola data dalam meningkatkan kualitas data di tingkat satuan pendidikan, dapat mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses menciptakan data pokok Pendidikan yang berkualitas, sehingga  akuntabilitas data pendidikan di tingkat satuan pendidikan dapat meningkat.

(dok-LPMP Jabar)

Bambang Tri – LPMP Jawa Barat