Seminar Dan Sosialisasi Kebijakan Diklat Calon Kepala Sekolah Dan Penguatan Kepala Sekolah

Yayasan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Jawa Barat bekerja sama dengan LPMP Provinsi Jawa Barat untuk menyelenggarakan seminar sehari terkait Sosialisasi Kebijakan Diklat Calon Kepala Sekolah dan Penguatan Kepala Sekolah yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada Selasa, 19 Januari 2021 mulai pukul 07.00 s.d. 12.00 wib.

Ketua JSIT yaitu Aep Syarifuddin, S.Si., M.T. memberikan sambutan di awal acara, kemudian kegiatan dibuka oleh Kepala Provinsi Jawa Barat, Gusmayadi Muharmansyah, M.Ed. Acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Pusat Pendidikan dan Latihan JSIT yang disampaikan oleh Tuti Turmiati, M.Pd.

Materi Sosialisasi Kebijakan Diklat Calon Kepala Sekolah disampaikan oleh Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Sekretaris Jenderal Ditjen GTK Kemdikbud yang dipandu oleh Neni Niawati, M.Pd sebagai Widyaprada LPMP Provinsi Jawa Barat.  Paparan dimulai dengan Amanat Presiden Joko Widodo, “Kita harus mencari model baru, cara baru, nilai-nilai baru dalam mencari solusi dari setiap masalah dengan inovasi-inovasi. Dan kita semuanya harus mau dan akan kita paksa untuk mau. Kita harus meninggalkan cara-cara lama, pola-pola lama, baik dalam mengelola organisasi, baik dalam mengelola Lembaga, maupun dalam mengelola pemerintahan”.

Selanjutnya dipaparkan juga visi Kemendikbud, yaitu: “Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung Visi dan Misi Presiden untuk Mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong dan berkebinekaan global.

Dalam mencapai visi tersebut, Kemendikbud memiliki program Merdeka Belajar dan 5 strategi pembelajaran holistik Kemendikbud  yaitu Transformasi Kepemimpinan Sekolah, Transformasi Pendidikan dan Pelatihan Guru, Mengajar sesuai tingkat kemampuan siswa, Standar Penilaian Global dan Kemitraan daerah dan masyarakat sipil.

Paparan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Permendikbud No. 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, Diklat Calon Kepala Sekolah dan Penguatan Kepala Sekolah. Melalui diklat tersebut Kemendikbud berupaya menyiapkan Kepala Sekolah yang mampu menjawab tantangan zaman dan menciptakan Pelajar Pancasila. Pada materi ini juga dibuka sesi pertanyaan dari peserta yang langsung dijawab oleh narasumber. Peserta sangat antusias menyampaikan pertanyaan secara langsung atau melalui chat.

Materi pokok yang kedua adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang disampaikan oleh Dr. Rina Mutaqinah, M.Pd. sebagai Widyaiswara LPMP Jawa Barat dipandu oleh Neni Niawati, M.Pd. Paparan diawali dengan menggali pengetahuan peserta mengenai AKM yang dilanjutkan dengan penjelasan secara detil mengenai AKM, Survey Karakter, Survey Lingkungan, apa tujuannya, bagaimana penggunaan serta pelaksanaannya. Sama halnya dengan dengan paparan sebelumnya, pada saat dibuka sesi pertanyaan tentang AKM, peserta sangat bersemangat memberikan pertanyaan yang dijawab langsung oleh narasumber.

Rekaman seminar ini dapat diakses ulang melalui Youtube Lpmp Provinsi Jawa Barat, https://s.id/YTSeminarSosialisasiCKS