Salad Ala Tatar Sunda

Gambar ilustrasi : Sumber: resepkoki.id 2020 Merdeka.com

Kab. Bandung Barat – Panganan berbahan dasar sayuran ini banyak di sukai oleh masyarakat luas. Tidak hanya rasanya yang enak dan tampilan yang menggiurkan, salad ala sunda ini juga menyehatkan serta mengenyangkan apalagi jika dimakan dengan lontong atau ketupat. Yuk kita lihat apa saja makanan tersebut!

Karedok

Karedok identik dengan  ciri makanan khas Sunda.  Syukurlah, tatar parahyangan  dianugrahi tanah yang subur dengan aneka sayur mayur melimpah dimana mana.  Sekilas tampilannya hampir mirip dengan gado-gado. karedok adalah makanan asli Sunda yang memang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Mungkin di negeri barat sana orang menyebutnya salad namun  perbedaan karedok dengan salad adalah cara  penyajiaanya ditambahkan dengan saus kacang tanah dengan kepedasan yang bisa menggugah selera. Hidangan ini sangat cocok dan direkomendasikan untuk anda yang sedang menjalani program diet dan ingin mengurangi kadar lemak. Tentunya mengkonsumsi makanan ini sangat sehat dan bagus untuk kulit . Makanya mojang sunda terkenal dengan kulitnya yang halus mungkin akibat makanan yang berbahan utama sayuran ini.

Penyajian karedok cukuplah simpel dan gampang.  Sayuran dipotong potong  mentah dan tidak diolah seperti digoreng ataupun dikukus. Karedok memiliki yang rasa unik karena perpaduan dari kencur dan saus kacang yang menjadi satu.Sayur-sayuran yang digunakan untuk membuat karedok cukup beragam, seperti timun, tauge, kacang panjang, terong hijau kecil, kubis, surawung (basil), dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya. Ada perbedaan antara gado-gado dengan karedok. Kalau gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus, karedok memakai sayuran yang masih mentah. Di Sunda, orang juga menyebut karedok dengan nama lotek atah yang berarti lotek mentah. Karedok paling enak disantap bersama nasi panas, tempe, tahu, dan kerupuk ditambah dengan ikan asin ataupun gepuk daging.

 

Lotek

Sumber:pergikuliner.com 2020 Merdeka.com

 

Selain karedok, ada satu lagi makanan khas Sunda yang mirip dengan gado-gado, yaitu lotek. Tapi kalau berdasarkan tampilan dan bahan pembuatan, lotek lebih cenderung mirip dengan pecel khas Jawa. Makanan ini berupa sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang. Di Sunda, lotek menjadi makanan yang digemari banyak masyarakat. Lotek sendiri menggunakan sayur mayur yang tak jauh berbeda dengan gado-gado, seperti kangkung, kembang kol, dan tauge. Namun, ada beberapa sayur yang wajib ada dalam lotek, seperti bayam, kacang panjang, kapri, dan daun kacang kedelai.Sayur mayur yang telah dicacah akan disiram dengan bumbu kacang yang ditambahkan dengan kentang rebus yang sudah ditumbuk dan kencur sehingga membuat rasanya menjadi lebih unik. Lotek biasanya dihidangkan bersama potongan lontong dan menu pelengkap kerupuk udang.

More kunaon.net