parallax background

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI BIMTEK PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR

8 May 2019
Jalan Sehat Bersama
3 May 2019
TANTANGAN DAN ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL
20 May 2019

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI BIMTEK PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR

Lina Mulyaawati, M.Pd.

Pengembang Teknologi Pembelajaran Pertama LPMP Jawa Barat


Portal Rumah Belajar menyediakan konten-konten multimedia pembelajaran sebagai sumber belajar dan fasilitas pembelajaran jarak jauh secara online melalui fitur Kelas Maya.

Sejalan dengan edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 tentang pemanfaatan rumah belajar bagi para guru seluruh jenjang satuan pendidikan, LPMP Jawa Barat melalui Tim Pengembang Teknologi Pembelajaran merancang suatu layanan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Pengumuman disebar secara terbuka melalui media sosial instagram @lpmpjabar, facebook LPMP Jawa Barat dan website lpmp.jabar@kemdikbud.go.id

Bimbingan Teknis Pemanfaatan Portal Rumah Belajar juga merupakan upaya LPMP Jawa Barat membantu satuan pendidikan meningkatkan kompetensi guru dalam memanfatkan media pembelajaran. Dalam laporan hasil analisis peta mutu tingkat provinsi Jawa Barat tahun 2017 diketahui sebagai berikut :

 
 

Portal Rumah Belajar menyediakan konten-konten multimedia pembelajaran sebagai sumber belajar dan fasilitas pembelajaran jarak jauh secara online melalui fitur Kelas Maya. (Kemendikbud, Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar dalam Pembelajaran, 2018) Diharapkan dengan pemanfaatan yang optimal, maka nilai capaian raport mutu dapat bergerak dari kategori Menuju SNP 4 menjadi sesuai SNP.

Rancangan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Portal Rumah Belajar adalah dengan pola In1- On diikuti sebanyak 11 orang guru dari berbagai kabupaten/kota se-Jawa Barat. Kegiatan In berisi paparan yang diberikan secara sistematis sesuai model ADDIE. Guru dipandu menyusun analisis kebutuhan, menyusun rancangan media pembelajaran dan menyusun RPP. Materi mengenai pemanfaatan portal rumah belajar, dimulai dari pengenalan fitur-fitur rumah belajar, pembuatan akun guru dan siswa, pemanfaatan sumber/media belajar sesuai RPP. Selanjutnya guru mengimplementasikan RPP pada saat On di sekolah masing-masing. Pada proses implementasinya, guru diberikan layanan konsultasi online melalui Virtual Conference.

 
 
 

Evaluasi dilakukan dengan menyebarkan insrumen penilaian. Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa terjadi peningkatan skill dan teknik guru dalam membuat media pembelajaran sebesar 50% pada skala 5 dan 50% pada skala 4. Terjadi pula peningkatan motivasi guru untuk membuat media pembelajaran sebesar 40 % pada skala 4 dan 60 % pada skala 5. Tingkat penyelesaian permasalahan pembelajaran berada di skala 3 sebesar 10 %, skala 4 sebesar 50% dan skala 5 sebesar 40 %. Pada tingkat kesesuaian bimtek dengan kebutuhan guru di lapangan, didapatkan hasil sebesar 60 % pada skala 4 dan 60% pada skala 5. Selain itu, kesanggupan guru dalam mensosialisasikan portal rumah belajar terhadap rekan sejawat mencapai 40% di skala 4 dan 60% di skala 5.

 
 
 
 

Kendala dan permasalahan yang ditemukan guru pada umumnya terkait koneksi jaringan dan sarana pembelajaran (rasio jumlah PC dan jumlah siswa). Selebihnya, siswa merespon secara positif dan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Selain itu, telah terjadi proses pengimbasan pada guru rekan sejawat dalam memanfaatkan portal rumah belajar. Implementasi pemanfaatan portal rumah belajar juga meningkat dan tersebar ke kelas lainnya.

 

Dengan melihat hasil bimtek tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, LPMP Jawa barat melalui Katalog Program Pemanfaatan Portal Rumah Belajar telah siap dan mampu bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Satuan Pendidikan maupun KKG/MGMP untuk menjalankan program serupa agar dapat mendongkrak nilai capaian indikator proses pembelajaran dalam raport mutu tahun-tahun selanjutnya menjadi Sesuai Standar Nasional Pendidikan.

 
 

Daftar Pustaka

 

Kemendikbud. (2016). Peraturan Pemerintah No. 22 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2018). Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom.

Comments are closed.