Pengumpulan Data Mutu 2020

PENGUMPULAN DATA MUTU 2020

Proses pengumpulan Data Mutu di tahun 2020 memiliki tujuan

  • Melakukan pemetaan kondisi mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19
  • Memberikan rekomendasi dan tindak lanjut bagi satuanĀ  pendidikan di masa pandemi

PEMBAHARUAN DALAM PENGUMPULAN DATA MUTU 2020

Sasaran Pengumpulan Data Mutu 2020

Pada tahun 2016-2019 sasaran pengumpulan data mutu pendidikan adalah jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Untuk tahun 2020 yang menjadi sasaran dalam pengumpulan data mutu adalah jenjang SD, SMP, SMA, dan SLB. Untuk jenjang SMK tahun ini tidak menjadi sasaran pengumpulan data mutu dikarenakan adanya perubahan Dirjen di mana SMK saat ini berada di bawah Dirjen Vokasi di mana sebelumnya berada di Dirjen Dikdasmen. Dengan adanya perubahan ini, maka SMK untuk tahun 2020 tidak bergabung dengan pengumpulan data mutu yang dilakukan oleh Dirjen Dikdasmen. Sedangkan untuk SLB tahun ini akan masuk menjadi sasaran dalam pengumpulan data mutu sebagai mana telah dilakukan koordinasi dengan direktorat terkait untuk mengikut sertakan SLB pada pengumpulan data mutu tahun 2020.

Responden

Responden untuk tahun 2020 berbeda dengan responden tahun 2016-2019, di mana tahun sebelumnya terdapat 4 unsur yang akan menjadi responden yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan komite. Sedangkan untuk tahun 2020, yang menjadi responden hanya kepala sekolah dan guru. Hal ini mempertimbangkan kondisi saat ini yaitu dengan adanya covid-19 sehingga responden hanya dari 2 unsur. Di mana jumlah responden masing-masing unsur adalah sebagai berikut:

1. Satu orang kepala sekolah
2. Minimum 8 responden untuk guru jenjang SD/SLB dengan kriteria yaitu 6 orang guru kelas, 1 guru penjas, dan 1 guru agama
3. Minimum 10 responden untuk guru jenang SMP/SMA dengan kriteria 10 orang guru mata pelajaran.