LPMP Jawa Barat Menyelengarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpul Tahap II secara Daring

LPMP Jawa Barat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpul Data Tahap II secara daring dari tanggal 14-21 Oktober 2020.

LPMP Jabar, Bandung – LPMP Jawa Barat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpul Data Tahap II secara daring dari tanggal 14-21 Oktober 2020.

Kegiatan secara daring disiarkan secara virtual melalui aplikasi zoom dan live streaming di laman Youtube “Nu Kapikir”.

Kepala LPMP Jawa Barat yang diwakili oleh Koordinator Fungsi Sistem Informasi, Dr. Hj. Yanti Triana, MA. mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan pengumpulan data bagi para Fasda di 27 kabupaten/kota digelar secara berbeda akibat pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk turut berubah dengan mengadaptasi kebiasaan-kebiasaan baru. Demikian juga dengan pelaksanaan pengumpulan data yang berkaitan dengan pengisian instrumen EDS tidak lagi dilaksanakan dengan mengunjungi sekolah tetapi dilaksanakan secara daring.

“Kondisi ini memang tidak ideal dan mungkin juga tidak sesuai dengan harapan kita semua. Namun, ini tidak mengurangi makna dan penghargaan atas perjuangan yang telah kita lalui di lapangan,” kata Yanti.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini teridiri dari unsur pengawas, operator sekolah dan penanggung jawab PMP di tingkat Dinas Pendidikan kabupaten/kota. Dan dilaksanakan selama enam hari atau enam angkatan.

Kegiatan ini berisi materi yang berkaitan dengan pemahanan instrumen EDS tahun 2020 sebagai bahan pengolahan untuk menerbitkan Raport Mutu. Dilengkapi juga dengan materi tentang pemahanan terhadap penggunaan aplikasi e-EDS dan Survey Offline.

Melalui pemahaman tersebut diharapkan baik para pengawas maupun para operator sekolah sebagai pelaku utama pengumpulan data bisa mendapatkan kemudahan dan tidak terhambat oleh kompetensi praktis di bidang teknologi informasi kekinian.

Secara umum para peserta merasa memberikan apresiasi yang cukup tinggi kepada LPMP Jawa Barat sebagai penyelenggara kegiatan dan juga kepada narasumber atas berbagi ilmunya yang mereka rasakan sebagai hal yang sangat bermanfaa. Untuk bekal mereka saat berhadapan dengan sekolah terutama ketika berkaitan dengan PMP di sekolah-sekolah.

Oleh : Udo S Suryadi