Langkah Nyata Pengurangan Sampah Plastik: Pegawai LPMP Jabar Dibagikan Botol Minum

Langkah Nyata Pengurangan Sampah Plastik: Setiap Pegawai LPMP Jabar Dibagikan Botol Minum

Kab. Bandung Barat, LPMP Jawa Barat – Menilik kegiatan Sosialisasi ZI-WBK Rabu 22/01/2020 yang bertema Penguatan dan Peningkatan Budaya Mutu Kinerja Lembaga ternyata ada yang berbeda. Sesuai dengan Surat Edaran tentang Larangan Penggunaan Kemasan Air Minum Berbahan Plastik Sekali Pakai dan/atau Kantong Plastik di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) maka setiap peserta yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan botol minum dengan berbagai ukuran.

Surat Edaran yang dimaksud yaitu No. 12 Tahun 2019, Mendikbud meminta untuk semua pegawai di lingkungan Kemdikbud tidak menggunakan bahan bahan yang bisa menimbulkan sampah, utamanya sampah plastik. Untuk mendukung gerakan ini maka untuk seluruh unit kerja diminta untuk menyediakan fasilitas berupa dispenser yang berisi air minum yang diletakan disetiap ruang kerja, ruang pertemuan, aula, maupun tempat lainnya di unit kerja tersebut.

Langkah Nyata Pengurangan Sampah Plastik: Setiap Pegawai LPMP Jabar Dibagikan Botol Minum
Pegawai LPMP Jawa Barat Mendapatkan Botol Minum

“Nanti kami sediakan tempat untuk mengisi airnya, sementara ini botolnya dulu, nanti diadakan dispenser atau apalah untuk itu, tim pengadaan nanti yang akan mengurus

Begitulah pernyataan dari Kepala Sub Bagian Umum LPMP Jawa Barat Amas Sutiana saat membagikan botol minum di acara kemarin. Sudah sepatutnya dukungan penuh untuk mengurangi sampah plastik mengingat saat ini Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang sampah terbesar di dunia. Dimulai dari hal kecil yaitu dengan menggunakan botol sendiri untuk memenuhi kebutuhan air minum.

Langkah Nyata Pengurangan Sampah Plastik: Setiap Pegawai LPMP Jabar Dibagikan Botol Minum
Setiap Pegawai yang Menandatangani Tanda Terima Botol Minum

Botol minum yang dibagikan memiliki warna dan bentuk yang cantik, untuk ukurannya mulai dari 550-750 ml. Melalui pembagian botol minum ini diharapkan pegawai dapat membiasakan diri untuk membawa perlengkapan makan minum secara pribadi.

Dalam surat edaran dari Mendikbud sebenarnya tidak hanya untuk botol minum saja tapi juga mengurangi penggunaan spanduk, backdrop, baliho, dan media iklan lainnya yang berbahan plastik pada kegiatan rapat, sosialisasi, pelatihan, dan kegiatan sejenis lainnya. Hal ini pun sudah terwujud dalam kegiatan Sosialisasi ZI WBK kemarin. Spanduk yang digunakan menggunakan layar besar yang merupakan salah satu fasilitas di aula LPMP Jawa Barat. (Dok. LPMP Jawa Barat)

Asri Nur Azizah – LPMP Jawa Barat

More kunaon.net