Kerjasama Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah Jenjang SMP Kab. Sumedang dengan LPMP Jabar dan LPPKSPS

 

Kab. Sumedang – Pada tahun 2021, LPMP Provinsi Jawa Barat dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Pengawas Sekolah (LPPKSPS) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang melaksanakan Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) jenjang SD dan SMP di Kabupaten Sumedang. Salah satu rangkaian kegiatan pada program ini adalah Seleksi Bakal Calon Kepala Sekolah (BCKS).

Pada tanggal 15 s.d 18 Februari 2021, dilaksanakan Seleksi Bakal Calon Kepala Sekolah jenjang SMP di Kab. Sumedang. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 66 orang dari 67 orang yang di undang, satu orang tidak dapat mengikuti kegiatan dikarenakan sakit.

Asesor yang melakukan penilaian sebanyak 6 orang,  berasal dari widyaiswara LPMP Jawa Barat dan LPPKSPS. Proses Pengusulan dan Seleksi BCKS meliputi seleksi administratif telah dilaksanakan oleh dinas pendidikan untuk memperoleh guru potensial yang memenuhi persyaratan administratif sebagai bakal calon kepala sekolah. Tahapan berikutnya adalah seleksi substansi BCKS. Seleksi ini dilakukan melalui Tes Potensi Kepemimpinan (TPK) denga  menggunakan model Penilaian Potensi Kepemimpinan (PPK) yang telah dikembangkan oleh LPPKS.