Kepala LPMP Jabar Membuka Langsung Acara Pelatihan Tata Graha

Pelatihan Tata Graha

Kab. Bandung Barat, LPMP Jawa Barat – Suasana gedung Citarum mendadak menjadi riuh ketika Kepala LPMP Jabar Gusmayadi Muharmansyah membuka secara resmi kegiatan pelatihan Tata Graha untuk pegawai LPMP Jabar. Pembukaan kegiatan ini bersamaan dengan pembukaan kegiatan bimtek Keprotokoleran. Kurang lebih ada 15 orang peserta yang mengikuti pelatihan tata graha dan 15 orang yang mengikuti kegiatan bimtek Keprotokoleran.

Kegiatan pelatihan tata graha ini dilaksanakan pada tanggal 4 s.d. 7 Februari 2020 yang diisi langsung oleh Lembaga Diklat Ariyanti. Narasumber pada pelatihan ini yaitu Ishviastuti Oskar, SE; Tatiek Ekawati, S.Sos., MM; Oyib Ferdiansyah, M.Pd; Iman Santosa, A.Md; dan Ridwan Nugraha, SE. Kelima pelatih ini secara bergantian memberikan materi kepada peserta yang sebagian besar adalah pramu bakti dan orang orang yang memiliki tugas untuk pengelolaan wisma di LPMP Jabar.

Sesuai dengan panduan, materi yang disampaikan yaitu etika, sikap, dan penampilan; komunikasi efektif; handling complaint; pelayanan prima; manajemen hotel; K3; front office; dan house keeping. Penyampaian materi yang menyenangkan dengan menggabungkan metode ceramah dan juga praktek membuat peserta menikmati pelatihan ini dan tentunya bisa mempraktekan ilmu yang sudah didapat. Pada pelatihan ini juga peserta diharapkan ikut menciptakan suasana kegiatan yang kondusif dan partisipatif.

Bapak duduknya yang tegap” begitulah salah satu teriakan dari pelatih kepada peserta. Tujuannya adalah untuk melatih peserta menggunakan gaya tubuh yang pas ketika memberikan layanan kepada tamu yang datang ke wisma. Melalui pelatihan yang diberikan ini diharapkan pegawai memperoleh tambahan wawasan dan keterampilan baru supaya mampu bekerja lebih efisien dan mampu melaksanakan tugas dengan lebih baik.

Pelatihan ini juga bersambung dengan penciptaan Zona
Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK). Komitmen untuk Melaksanakan
Reformasi Birokrasi melalui 3 hal yaitu: meningkatakan akuntabilitas kinerja,
mencegah korupsi, meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pelatihan tata graha
adalah salah satu wujud nyata dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan publik.
(Dok. LPMP Jawa Barat)

Asri Nur Azizah – LPMP Jawa Barat