Kasi FPMP: Setiap Pegawai Harus Punya Target Kerja

Kasi FPMP Setiap Pegawai Harus Punya Target Kerja Kasi FPMP Setiap Pegawai Harus Punya Target Kerja

“SKP harus diisi semua pegawai sesuai Analisis Beban Kerja (ABK), ada capaian tiap bulannya, setiap pegawai juga harus menentukan target kerja per bulan yang ditopang di log harian, nanti dilaporkan ke atasan tiap 3 bulan, 6 bulan, dan tahunan” ujar Kepala Seksi FPMP Neni Niawati dalam rapat terbatas yang diikuti oleh sebagian pegawai LPMP Jawa Barat.

Sudah tidak asing lagi ketika ada cuitan berita tentang masyarakat yang kurang percaya dengan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Melihat berbagai sumber penelitian memang indeks kepercayaan masyarakat terhadap PNS setiap tahunnya semakin menurun tapi anehnya peminat masyarakat untuk menjadi PNS selalu meningkat. Buktinya pada tahun 2019 ini jumlah pendaftar PNS mencapai angka 5.057.596 sesuai yang dikabarkan oleh Kompas.com.

Dilansir dari kemdikbud.go.id jumlah pelamar PNS di lingkungan Kemendikbud sejumlah 41.219 yang nantinya akan memperebutkan 2.196 kursi PNS. Persaingan yang sangat ketat jadi tidak sembarangan lagi jika pegawai LPMP Jawa Barat digembar gemborkan untuk meningkatkan kinerjanya atau paling tidak mempertahankan kinerja yang sudah dianggap bagus.

Kasi FPMP: Setiap Pegawai Harus Punya Target Kerja
Pembahasan target kerja pegawai yang dipimpin langsung oleh Kasi FPMP Neni Niawati

Salah satu parameter pengukur kinerja pegawai yaitu melalui Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Seperti yang disampaikan oleh Kasi FPMP Neni Niawati setiap pegawai harus memiliki target kerja yang nantinya akan dilaporkan kepada atasan. Pelaporan target kerja ini dilakukan secara berjenjang. Mulai dari staff melaporkan kepada kasi lalu kasi melaporkan kepada kepala.

Setiap pegawai harus punya dokumen kerja, suatu saat dokumen tersebut akan dicek sebagai bukti kerja pegawai” Lanjut kasi FPMP saat mengarahkan pegawai untuk mengisi e-SKP. Dokumen yang dimaksud adalah bukti kerja pegawai yang sudah diarahakan sesuai dengan bidang kerja masing masing.

Mengingat kembali persaingan untuk menjadi PNS sangat ketat, tak pantas rasanya jika yang sudah menyandang status PNS masih tidak mempedulikan tentang kinerjanya. Apalagi kinerja PNS sekarang diawasi ketat melalui aplikasi e-SKP, pegawai dituntut juga untuk menuliskan log harian sebagai wujud pertanggung jawaban jabatannya.

Asri Nur Azizah – LPMP Jawa Barat

leave a reply

More kunaon.net