Kali Ini Beda! Penutupan Bimtek Pakai Puisi

Penutupan Bimtek Pakai Puisi Deklamasi puisi yang dilakukan salah satu peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Bahan Publikasi dan Informasi.

Kab. Bandung Barat, LPMP Jawa Barat – Suasana haru biru sangat terasa ketika pembacaan puisi yang dilakukan salah satu peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Bahan Publikasi dan Informasi. “Catatan Bimtek Penyusunan Publikasi” adalah judul puisi yang dibuat dan dideklamasikan oleh Intan Kurniasih perwakilan dari Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP).

Puisi yang dibawakan menyentuh hati peserta penutupan kegiatan pada sore itu, tidak hanya itu terdengar pula tertawa dari peserta ketika ada kalimat dari puisi tersebut yang juga mereka rasakan. Hal ini memang baru pertama kali dilakukan di LPMP Jawa Barat, yaitu menampilkan pembacaan puisi dalam kegiatan penutupan sebuah kegiatan.

Penutupan Bimtek Pakai Puisi
Kasubag Umum menutup kegiatan didampingi dengan narasumber

Penutupan tiga acara sekaligus yaitu Bimtek Penyusunan Bahan Publikasi dan Informasi, Pelatihan Tata Graha, dan Bimtek Keprotokoleran dilakukan langsung oleh Kepala Sub Bagian Umum Amas Sutiana yang didampingi oleh narasumber. “Perubahan sekecil apapun itu yang ditunggu, inovasi dan juga kreativitas itu, jika kita lakukan bersama bisa membangun lembaga” ujar kasubag saat memberikan arahan penutupan kegiatan.

Kurang lebih 45 orang dari total peserta kegiatan memperhatikan dengan baik ketika arahan tersebut berlangsung. Gedung Citarum menjadi saksi untuk perubahan kecil ini yang tentunya memberikan warna baru untuk kegiatan di LPMP Jawa Barat.

Semoga kegiatan ini bermanfaat, tata graha, penyusunan bahan publikasi, dan keprotokoleran bisa diaplikasikan dengan baik” begitu imbuh Kasubag sebelum menutup secara resmi ketiga kegiatan tersebut.

Tidak hanya pembacaa puisi, kali ini setelah mengikuti bimtek keprotokoleran dapat diketahui bahwa tidak semua penutupan kegiatan menggunakan lagu Bagimu Negeri. Lagu tersebut digunakan untuk penutupan diklat bertingkat secara resmi saja, sedangkan untuk penutupan kegiatan seperti bimtek dan acara pelatihan lainnya lagu tersebut tidak digunakan.

Penutupan Bimtek Pakai Puisi
Yudi Ginanjar menjadi protokol baru di lingkungan LPMP Jawa Barat

Dari bimtek
keprotokoleran juga menelurkan protokol baru yaitu Yudi Ginanjar dari Sub
Bagian Umum, ini juga termasuk hal baru karena selama ini yang mendominasi
menjadi protokol dalam kegiatan adalah perempuan kali ini laki laki pun juga
pantas untuk menjadi protokol. Protokol baru mendapat apresiasi penuh dari
semua peserta hingga mendapatkan julukan baru “Yudi Lantang….” Begitulah
teriak beberapa peserta penutupan.

Kegiatan
penutupan dilaksanakan setelah semua materi disampaikan oleh narasumber.
Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 3 s.d. 7 Februari 2020 untuk Bimtek
Penyusunan Bahan Informasi dan Publikasi, dan tanggal 4 s.d. 7 Februari 2020
untuk kegiatan Bimtek Keprotokoleran dan Pelatihan Tata Graha semua ditutup
secara resmi pada pukul 16.15 tanggal 7 Februari 2020.

Ketiga kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk peningkatan kompetensi yang diberikan lembaga untuk pegawainya dengan harapan agar kompetensi bidang kerja bisa meningkat dan memberikan efek baik untuk lembaga. Melalui kegiatan ini pula lembaga telah mewujudkan Pasal 203 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengamanatkan bahwa setiap PNS memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk diikutsertakan dalam pengembangan kompetensi paling sedikit 20 (dua puluh) jam pelajaran dalam 1 (satu) tahun. (Dok. LPMP Jawa Barat)

Asri Nur Azizah – LPMP Jawa Barat