In Service Training (IST) 1 Diklat Calon Kepala Sekolah Jenjang SD Moda Luring Kabupaten Sumedang Tahun 2021

 

Kab. Sumedang – Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah menyebutkan bahwa Kepala Sekolah yang akan diangkat menjadi Kepala Sekolah harus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah untuk mendapatkan Sertifikat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) Calon Kepala Sekolah sebagai salah satu syarat administrasi pengangkatan. Sejalan dengan hal tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang melaksanakan kerja sama dengan LPMP Provinsi Jawa Barat dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Pengawas Sekolah (LPPKSPS) melaksanakan Diklat Calon Kepala Sekolah Jenjang SD Moda Luring Tahun 2021.

Model Diklat Calon Kepala Sekolah Jenjang SD Moda Luring Kabupaten Sumedang Tahun 2021 ini dirancang dalam 4 (empat) tahap, yaitu On-the Job Training (OJT) 1, In-Service Training (IST) 1, On-the Job Training (OJT) 2, dan In-Service Training (IST) 2 dengan pola 300 (tiga ratus) jam pelajaran (JP).

Diklat Calon Kepala Sekolah Jenjang SD Moda Luring Kabupaten Sumedang Tahun 2021 ini diikuti oleh 173 peserta yang terbagi menjadi sembilan kelas. Kegiatan dilaksanakan pada 17 s.d. 22 Februari 2021 kegiatan diklat memasuki tahapan In-Service Training (IST) 1. Materi Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait Kebijakan Sertifikasi Kepala Sekolah menjadi materi pertama yang diterima oleh peserta. Peserta terlihat sangat antusias dalam menyimak dan memahami Kebijakan Sertifikasi Kepala Sekolah yang disampaikan oleh Kepala Subbagian Tata Usaha LPMP Provinsi Jawa Barat Amas Sutiana, S.Pd., M.M.Pd.

(fpmp/dtk)