Workshop Penyusunan Profil Mutu Pendidikan 2018
21 October 2018
Penilaian Best Practice Sekolah Model SPMI
23 October 2018

Pelaksanaan Pemetaan Mutu Pendidikan merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengetahui gambaran satuan pendidikan yang dilakukan berdasarkan indikator-indikator yang dikembangkan oleh KementrianPendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Dengan adanya Peta Mutu Pendidikan tersebut memberikangambaran yang jelas terkait kondisi riil dari sebuah sekolah selama satu tahun berjalan. Setiap standar yang dipetakan akan melahirkan informasi-informasitentang sekolah secara nyata.

Pemahaman dan persepsi yang sama terhadap data memungkinkan semua pihak akan mengetahui kondisi sebuah sekolah berdasarkan hasil pemetaan mutu pendidikan tersebut. Disisi lain, pemetan mutu pendidikan juga dapat dijadikan pedoman oleh pemangku kepntingan di sekolah dalam mengembangkan sekolah padatahun-tahun selanjutnya. Berdasarkan hasil peta mutu akan didapatkankondisi riil sebuah sekolah.

Kenyataan yang terjadi di lapangan tersebut dijadikan sebagai acuan untuk pembuatan program kerja yang sangat diprioritaskan, perlu prioritas, perbaikan, maupun pengembangan pada tahun selanjutnya.Dengan demikian, program-program sekolah yang akan dibuattersebut lebih terarah sesuai dengan skala prioritas berdasarkan analisis petamutu pendidikan ini.

Comments are closed.