Bimtek Penyusunan Profil Data Mutu Pendidikan Tahap I

LPMP Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Bimtek Penyusunan Profil Data Mutu Pendidikan Tahap I Tahun 2020

LPMP Jabar, Kab. Bandung Barat – Senin, 2 November 2020, LPMP Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Profil Data Tahap I tahun 2020 di Atlantic Hotel, Kota Bandung.

Kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP Jawa Barat, Gusmayadi Muharmandyah. Dalam pidato pembukaan Gusmayadi manyampaikan bahwa semua pihak yang terlibat pada kegiatan ini harus bisa memaksimalkan waktu dan kesempatan agar bisa melahirkan produk berupa Buku Profil Data Mutu Pendidikan di wilayah Jawa Barat. Dengan Buku Profil Data Mutu Pendidikan diharapkan informasi yang berkaitan perkembangan pendidikan di Jawa barat memiliki keterbacaan data yang sama oleh semua pihak yang berkepentingan. Baik di itngkat provinsi, kabupaten/kota maupun di tingkat satuan pendidikan/sekolah.

“Sudah saatnya kita mampu memberikan informasi yang akurat dan update kepada semua pihak yang menjadi konsumen informasi pendidikan dari berbagai kanal, baik cetak maupun digital termasuk melalui website, “demikian kata Kepala LPMP Jawa Barat.

Kegiatan ini selain digawangi oleh Staf Sistem Informasi juga diikuti oleh unsur widyaprada, PTP dan perwakilan dari Disdik Provinsi Jawa Barat, Disdik Kota, Cimahi, Disdik Kota Bandung, Disdik Kab. Bandung, dan Disdik Kab. Bandung Barat.

Kepala LPMP Jawa Barat didampingi oleh Koordinator Fungsi Pemetaan Mutu dan Supervisi, M. Dudi Solahuddin, dan Koordinator Fungsi Sistem Informasi, Yanti Triana. Pada paparannya Yanti manyampaikan bahwa ada 96% sekolah yang telah mengirimkan data IP-SNP untuk mengisi kevakuman PMP tahun 2019.

Kegiatan dibagi menjadi 2 tahap, yaitu : Tahap I – Pengumpulan data, dan Tahap II – Display Data. Kegiatanberorientasi pada produk profil data mutu pendidikan yang bersumber pada Datamart Dapodik dan IP-SNP.

Seiring dengan amanat yang disampaikan oleh Kepala LPMP Jawa barat, kegiatan diharapkan mampu melahirkan rancangan dengan konten data yang akurat untuk kemudian dijadikan sebagai bahan [enyusunan informasi dalam bentuk Buku Profil Data Mutu Pendidikan di wilayah Jawa Barat.

Oleh : Udo S Suryadi