Bimtek Penyusunan Laporan Monev BOS 2020

LPMP Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Bimtek Penyusunan Laporan Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Kemendikbud Implementasi Dana BOS Tahun 2020

LPMP Jabar, Kab. Bandung Barat – Kamis, 5 November 2020, LPMP Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Monitoring dan Evaluasi Kebijkan Kemendikbud Implementasi Dana BOS Tahun 2020 di Gumilang Regency Hotel, Kota Bandung.

Sebelum kegiatan dimulai pihak Gumilang Regency Hotel menyampaikan paparan bahwa mereka telah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah guna menjamin rasa aman bagi para tamu. Pihak LPMP Jawa Barat selaku penyelenggara kegiatan dan Gumilang Regency Hotel sebagai tempat kegiatan dilaksanakan melakukan kerjasama dalam pelaksanaan “Rapid Test” bagi sebagian besar baik dari ppeserta aupun panitia kegiatan.

Pihak Gumilang Regency Hotel juga tidak hanya menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat kepada tamu. Namun juga terlebih dahulu mereke menerapkannya kepada staf dan karyawan hotel dengan cara memakai Alat Pelindung Diri (APD) berdasarakan SOP dan ketentuan yang berlaku. Hal ini dimaksudkan agar Gumilang Regency Hotel tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19. Bahkan mereka berupaya untuk menjadi pihak yang terlibat aktif dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19.

Kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP Jawa Barat, Gusmayadi Muharmansyah. Dalam pidato pembukaan Gusmayadi manyampaikan bahwa semua pihak yang terlibat pada kegiatan ini harus bisa memaksimalkan waktu dan kesempatan agar bisa menghasilkan produk  konkrit berupa Laporan Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Kemendikbud tentang Implementasi Kebijakan Dana BOS di wilayah Jawa Barat.

“Kegiatan ini merupakan inisitif positif dalam upaya melengkapi proses penyusunan laporan akhir tahun dari seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan oleh LPMP Jawa Barat sepanjang tahun anggaran 2020 “demikian kata Kepala LPMP Jawa Barat.

Leading sector kegiatan ini adalah Sub Koordinasi Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kerjasama LPMP Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh unsur widyaprada, PTP dan berbagai jabatan dari unsur Fungsional Umum yang ada di LPMP Jawa Barat.

Kepala LPMP Jawa Barat selain didampingi oleh Sub Koordinator Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kerjasama, juga didampingi oleh Sub Koordinator Fungsi Pemetaan Mutu dan Supervisi, M. Dudi Solahuddin, dan Sub Koordinator Fungsi Pengolahan dan Pengelolaan Data Sistem Informasi, Yanti Triana.

Sebagai penanggung jawab kegiatan Sub Koordinator Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kerjasama, Neni Niawati, M.Pd, dalam paparanya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakn tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya, yaitu Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Kemendikbud tentang Implementasi Dana BOS tahun 2020 yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 secara daring yang diikuti oleh perwakilan LPMP Jawa Barat, 27 Dinas Pendidikan Kab./Kota, semua wilayah Cabang Dinas Pendidikan dan juga para pengawas pembina sekolah.

Kita harus bisa memaksimalkan waktu kegiatan ini untuk menghasil 27 laporan Implementasi Dana BOS tahun 2020 di semua Disdik Kab./Kota, plus 1 laporan tingkat provinsi, “demikian kata neni Niawati.

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan Bimtek Penysusunan Laporan Monitoring dn Evaluasi Kebijakan Kemendikbud Implementasi Dana BOS tahun 2020, adalah :

  1. Tersusunnya hasil pengolahan data monitoring kebijakan Kemendikbud terkait BOS.
  2. Tersusunnya hasil analisis data dan informasi hasil pengolahan data monitoring kebijakan Kemendikbud terkait BOS.
  3. Tersusunnya laporan monitoring kebijakan Kemendikbud terkait BOS.

Oleh : Udo S Suryadi