Analis Data Mutu : Upaya Pemaknaan terhadap Peta Mutu Pendidikan

LPMP Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Analsiis Data Mutu

LPMP Jabar, Kab. Bandung Barat – Minggu, 25 Oktober 2020, LPMP Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Analisis Data di V Hotel, Kota Bandung.

Kegiatan dibuka oleh Kasubbag Tata Usaha LPMP Jawa Barat, Amas Sutiana, S,Pd., M.M.Pd. mewakili Kepala LPMP Jawa Barat. Dalam paparannya Amas manyampaikan bahwa langkah-langkah analisis terhadap data mutu merupakan langkah penting dan menentukan terhadapkaulitas data yang akan menjadi bahan utama penyamaian informasi dan penetapan kebijakan. Jika datanay bagus, maka informasi yang disampaikan akan bagus. Demikian juga dengan kebijakan yang akan ditetapkan.

“Untuk semua kebijakan dan informasi yang disampaikan kepada publik, kita harus mulai terbias bermula dari data yang akurat,” demikia kata Amas.

Kegiatan yang diketuai oleh Asep Toto Rochimat ini, selama tiga hari kegiatan berlangsung peserta diberikan tanggung jawab untuk melakukan analisis terhadap data mutu dari 27 kabupaten kota se JAwa Barat yang terbagi kedalam 2 jenjang, yaitu Dikdas (SD/SMP) dan Dikmen (SMA/SMK).

Hasil kegiatan ini akan menjadi bahan untuk dilakukan finalisasi data mutu yang akan dilaksanakan sekitar bulan November 2020.

 

Oleh : Udo S Suryadi