PPG Prajabatan

Tujuan penyelenggaraan Program PPG Prajabatan adalah dalam rangka menghasilkan guru profesional yang beradab, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif serta berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

PPG Dalam Jabatan

Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan….. 

Pemutakhiran Data Guru

Dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2022, Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan melakukan pemutakhiran data calon peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2022.

PPG PRAJABATAN

Penjelasan pasal 15 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Senada dengan pengertian tersebut, Pasal 17 ayat (1) Undang- Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa Pendidikan profesi merupakan Pendidikan Tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan Mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus.

Guru merupakan sebuah profesi. Berdasarkan ketentuan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dinyatakan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat. Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Program Pendidikan Profesi Guru yang selanjutnya disebut Program PPG sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1 butir 5 Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah.

Tujuan penyelenggaraan Program PPG Prajabatan adalah dalam rangka menghasilkan guru profesional yang beradab, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif serta berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

Sumber. Pedoman Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, 2020

Pendaftaran Program Sekolah Penggerak

Pendaftaran Program Sekolah Penggerak

Bapak/Ibu Kepala Sekolah di Jawa Barat, mari menjadi bagian dari transformasi pendidikan, dengan mengikuti Program Sekolah Penggerak. Dalam upaya...

INFO KEMDIKBUDRISTEK

Seleksi Administrasi Calon Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2022

Login dan Tautan

Seleksi Administrasi Calon Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2022

Bantuan SimPKB

SIM PKB adalah sebuah Sistem Informasi Manajemen yang akan dipergunakan pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. 

BAN PT

Informasi terkait dengan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dan Akreditasi Program Studi (APS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT.

PD Dikti

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melayani seluruh stakeholder perguruan tinggi yang terintegrasi dengan PDDikti sehingga mendapatkan rujukan informasi perguruan tinggi.

Cek Data GTK

Sistem Pencarian Data GTK pada aplikasi SimPKB yang didasarkan pada : Nama, No Peserta UKG, NUPTK dan NIK yang dijadikan sebagai kendaraan utama dalam upaya membawa para guru pendidik pada perubahan yang diinginkan.