Acuan utama sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Acuan PMP

Pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah mengacu pada standar sesuai peraturan yang berlaku. Acuan utama sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Standar Nasional Pendidikan

Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai standar minimal yang ditetapkan pemerintah dalam bidang pendidikan, SNP harus dipenuhi oleh satuan pendidikan dan semua pemangku kepentingan dalam mengelola dan menyelenggarakan pendidikan.

ikon-pmp-sosialisasi

Sosialisasi PMP

Penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah merupakan kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegaitan untuk meningkatkan mutu secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

ikon-pmp-hasil-verval

Hasil Verval PMP

Pelaksanaan pemetaan mutu ini dilakukan di bawah supervisi kepala sekolah dan pengawas sekolah. Setelah diverifikasi oleh kepala sekolah, data ini kemudian disimpan pada database sekolah.

Raport Mutu

Gambaran capaian 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) di satuan pendidikan berdasarkan hasil pengisian instrumen pemetaan mutu pendidikan.

ikon-pmp-dokumen

Dokumen

Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah ini merupakan pedoman umum bagi semua pihak terkait dalam penerapan sistem penjaminan mutu pendidikan (SPMP) sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing.


Sistem penjaminan mutu internal adalah sistem penjaminan mutu yang berjalan di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen dalam satuan pendidikan.